• Wednesday, 16 October 2024

Takluk di Markas China, Timnas Indonesia Telan Kekalahan Perdana

Takluk di Markas China, Timnas Indonesia Telan Kekalahan Perdana
27 Pemain Timnas Indonesia Lawan Bahrain dan China. (dok. PSSI)

SEAToday.com, Jakarta - Timnas Indonesia menelan kekalahan perdana di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Bermain di Qingdao Youth Football Stadium, Jay Idzes dkk. takluk 1-2 dari China, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia sebetulnya bermain lebih terbuka dibanding laga-laga sebelumnya. Pelatih Shin Tae-yong (STY) membuat beberapa perubahan antara lain memasang Asnawi Mangkualam dan Shayne Pattynama sejak menit awal.

Tim Garuda pun bermain menekan meski tampil sebagai tamu. Sayangnya, kesalahan Shayne di mengantisipasi bola membuat China unggul di menit 21 lewat kaki Behram Abduweli.

Shayne luput mendeteksi pemain China di belakangnya saat hendak membiarkan bola keluar lapangan. Alhasil, bola pun kembali ditendang masuk dan sampai di kaki Abduweli yang langsung melesakkannya ke gawang Maarten Paes.

Kebobolan satu gol, timnas Indonesia tak menyerah. Akan tetapi, rapatnya pertahanan China membuat timnas Indonesia kesulitan.

Alih-alih mencetak gol, timnas Indonesia justru kembali kebobolan lewat Zhang Yuning, satu menit jelang turun minum. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan China.

Pada babak kedua, STY mengubah strategi dengan memasukkan Thom Haye, Malik Risaldi dan Marselino Ferdinand untuk menambah daya gedor. Timnas Indonesia masih mendominasi jalannya pertandingan.

Gol yang dinantikan pun lahir di menit 86 lewat sepakan Haye. Skor 2-1 masih untuk keunggulan China.

Tambahan waktu sembilan menit sayangnya gagal dimanfaatkan timnas Indonesia. Pertandingan pun berakhir untuk kemenangan China, yang sebelumnya selalu kalah di fase Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga.

Dengan hasil ini, timnas Indonesia berada di peringkat kelima dengan 3 poin, di bawah Bahrain 4 poin, Arab Saudi 4 poin, Australia 5 poin dan Jepang 10 poin. China sendiri masih berada di posisi juru kunci dengan 3 poin.

Share
Trending Topic