• Friday, 03 May 2024

Kisah Srikandi Voli Indonesia Megawati Hangestri: Berawal dari Sepak Bola

Author: Luthfie Febrianto
April 23, 2024
Kisah Srikandi Voli Indonesia Megawati Hangestri: Berawal dari Sepak Bola
Perbandingan Gaji Megawati di Jakarta BIN dan Red Sparks (Instagram @megawati_redsparks99)

SEAToday.com, Jakarta - Seiring kemenangan tim voli asal Korea Selatan Red Sparks saat laga Fun Volley Ball melawan Indonesia All Star dengan skor 3-2, Megawati Hangestri Pertiwi sang idola voli putri yang berada disisi Red Sparks berhasil meraih gelar Most Valuable Player (MVP) karena permainannya yang apik.

Pertandingan yang berlangsung di Indonesia Arena GBK, Sabtu (20/4/2024), mengharuskan Megawati melawan rekan di Tanah Airnya sendiri dan menunjukkan dedikasi kuat untuk membela tim yang dinaunginya, Red Sparks. 

Bukan kali ini saja Megawati unjuk bakat yang membawanya jadi MVP, tetapi ia juga pernah dinobatkan sebagai MVP pada putaran pertama Liga Voli Korea atau V-League 2023/2024. 

Ia berhasil meraih 138 poin dan menduduki peringkat ke-4 sebagai pemain yang menyumbang poin terbanyak untuk timnya dan mengungguli pemain V-League lainnya seperti Gyselle Silva dari GS Caltex Seoul KIXX.

Mencapai titik yang luar biasa tersebut tentu perlu perjuangan dan perjalanan panjang bagi atlet voli putri kebanggaan bangsa ini. Dan siapa sangka bahwa ia awalnya lebih menyukai olahraga sepak bola dibandingkan dengan voli.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh Megawati dilansir dari BBC Indonesia, yang mengaku bahwa dirinya dulu tomboy dan ingin main bola. Dan keputusannya untuk beralih ke dunia voli karena dorongan ayah nya.

Karena itulah, Megawati mulai menekuni voli sejak duduk di Sekolah Dasar (SD). Awalnya, dara kelahiran Jember, 20 September 1999 itu mengaku sempat malas menjalani latihan voli. Tetapi seiring berjalannya waktu, ia menemukan alasan untuk terus berlatih hingga cinta terhadap voli karena mendapatkan banyak teman yang memberinya pengalaman berharga.

Saat masih SD, Megawati telah menorehkan prestasi dengan meraih juara dua Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat Provinsi Jawa Timur di Ponorogo. 

Lalu saat usianya beranjak 16 tahun, ia bergabung menjadi salah satu pemain muda tim Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama 2015. Dan selanjutnya ia dipercaya untuk mengikuti Proliga 2015 sebagai pemain tim Jakarta Pertamina Fastron.

Pada tahun 2017 - 2020, Megawati melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan manajemen, Universitas Kahuripan Kediri. Dan pada saat awal memasuki kuliah, ia juga tetap menekuni voli dan menjadi bagian dari tim nasional voli putri Indonesia. Salah satunya ketika ia menjadi pemain andalan di Asian Youth Games 2017.

Setelah itu, ia melanjutkan prestasinya dengan ikut membela Indonesia pada ajang SEA Games 2017 di Malaysia dan berhasil meraih medali perak bersama dengan timnas. Ia juga turut andil dalam timnas voli putri Indonesia untuk SEA Games 2019, 2021, dan 2023.

Belum puas dengan sepak terjangnya di dunia voli nasional, Megawati memberanikan diri untuk membangun karirnya di dunia luar negeri. Dan pada 2021, ia mulai bergabung dengan klub Thailand Supreme Chonburi-E. Tech dan mengikuti Liga Bola Voli Putri Thailand pada tahun yang sama.

Ia juga sempat berpindah ke klub Vietnam Hà Phú Thanh Hóa pada tahun 2022 dan bermain di Liga Bola Voli Vietnam. Kegigihannya tersebut ingin menunjukkan bahwa pemain voli Indonesia juga bisa bersaing di luar negeri.

Dan akhirnya pada Juli 2023, Megawati bergabung dengan klub Korea Selatan yang membawa namanya semakin dikenal saat ini yaitu Daejeon JungKwanJang Red Sparks. Ia menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang bermain dalam Liga Voli Korea Selatan 2023/2024.

Megawati juga mengaku bahwa kemampuannya sempat diragukan karena ia berasal dari Asia Tenggara dan jadi satu-satunya pemain yang menggunakan hijab. Tetapi, ia membuktikan dengan kegigihannya bahwa ia mampu bersaing, hingga membawa Red Sparks semakin diperhitungkan juga.

Dibuktikan dengan Megawati yang menjadi satu-satunya pemain asing yang masuk dalam 10 besar pencetak skor terbanyak Liga Voli Putri Korea Selatan dengan meraih 641 poin dari 30 pertandingan. Prestasi tersebut membawanya hanya selisih satu poin dengan dewi voli Korea, Kim Yeon Kyung.

Per April 2024, kontrak Megawati telah berakhir dengan Red Sparks dan ia mengungkapkan ingin fokus di Proliga 2024. Perpanjangan kontrak juga telah ditawarkan oleh pelatih Ko-Hee Jin dan menyatakan bahwa semua keputusan kembali kepada Megawati yang menentukan kelanjutan kariernya di klub Korea Selatan tersebut.

Penulis: Annisa Salsabilla

Share
Sport Update
Badminton: Indonesia Men's Double Team Prepare For BWF World Tour

Badminton: Indonesia Men's Double Team Prepare For BWF World Tour

Badminton: Indonesia Men's Double Team Prepare For BWF World Tour

SEAToday.com, Jakarta -Indonesia badminton men’s double team prepare for BWF World Tour Finals which will be held in China 13-17 December. Indonesia men’s double coach Aryono Mi...

Defeat France on penalties, Germany Become FIFA U-17 World Cup In...

SEAToday.com, Surakarta - The German U-17 National Team secured victory in the FIFA U-17 World Cup 2023 final against France at the Manahan Stadium, Solo, at 7.00 pm local time. The German National Te...

Bhayangkara FC Officially Recruits Former Inter Milan Star Radja...

SEAToday.com, Jakarta - Bhayangkara FC club officially recruited former Inter Milan player Radja Nainggolan to play for the remainder of the 2023/2024 League 1 season. Bhayangkara FC Chief O...

Germany Triumphs Over Argentina in FIFA U-17 World Cup Semi-final...

SEAToday.com, Surakarta - On a night of unrelenting drama in Surakarta, Tuesday (11/28), two Germany heroes emerged to secure the nation’s spot in the FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 final.

Argentina Beat Brazil 3-0 in FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023

SEAToday.com, Jakarta - Argentina successfully pocketed a ticket to the semifinal round of the FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023. This result was obtained after the young Argentine squad beat the Bra...

Trending Topic
Popular Post

Indonesian National Footbal Team Prospects Justin Hubner Set to O...

SEAToday.com, Jakarta - Justin Hubner will undergo an oath-taking procession as an Indonesian citizen (WNI) in Jakarta on Wednesday (12/6). PSSI Secretary General Yunus Nusi said Hubner woul...

Indonesian Women Singles Ruzana Wins Sri Lanka International Seri...

SEAToday.com, Galle - Indonesian women's singles badminton player Ruzana won the Sri Lanka International Series 2024 tournament held at the Indoor Stadium Galle, Sri Lanka on Sunday (2/18)....

Badminton: Indonesia Men's Double Team Prepare For BWF World Tour

SEAToday.com, Jakarta -Indonesia badminton men’s double team prepare for BWF World Tour Finals which will be held in China 13-17 December. Indonesia men’s double coach Aryono Mi...

SEAToday Will Broadcast Phygital Games 2024

SEAToday.com, Kazan - A sports tournament that combines esports and physical sports (phygital games) is taking place until March 3 2024 in Kazan, Russia. You can enjoy broadcasts of this tournament on...

Indonesian Fencing Team Wins 5 Medals at SEAFF Junior and Cadet C...

SEAToday.com, Kuala Lumpur - The Indonesian cadet and junior fencing team won a total of five medals in the ASEAN Fencing Championships “SEAFF Junior and Cadet Championships 2024&rdquo...

Infographic