• Friday, 04 October 2024

Tony Hawk's Pro Skater: Gim Fenomenal Penanda Kejayaan Legenda Skateboard Dunia

Tony Hawk's Pro Skater: Gim Fenomenal Penanda Kejayaan Legenda Skateboard Dunia
Gim Fenomenal Tony Hawk's Pro Skater (1999) yang menginspirasi anak muda untuk bermain papan seluncur | Facebook Tony Hawk's Pro Skater

SEAToday.com, Jakarta - Kabar bahagia muncul dari pasangan Frances Bean Cobain dan Rileys Hawk pada 29 September 2024. Keduanya baru saja dianugerahi seorang putra bernama Ronin Walker Cobain Hawk. Kehadiran Ronin disambut dengan gegap gempita oleh dunia.

Anak itu memiliki kakek yang berstatus legenda di bidangnya masing-masing. Mendiang Kurt Cobain legenda musik grunge. Tony Hawk legenda dunia papan seluncur (skateboard). Ronin boleh jadi senang memiliki kakek seorang Toni Hawk yang kaya raya. Nama Hawk bahkan selalu relevan di dunia papan seluncur. Ketenaran itu kian sakral dengan munculnya video gim Tony Hawk’s Pro Skater. Begini ceritanya.

Tony Hawk kerap digambarkan sebagai pribadi yang tak bisa diam -- hiperaktif. Pria kelahiran Carlsbad, 12 Mei 1968 itu memiliki rasa ingin tahu tinggi. Jika ia tertarik dengan satu hal, niscaya ia akan menekuninya. 

Kakak Hawk, Steve punya solusi. Ia memberikan Hawk sebuah papan seluncur supaya jiwa adiknya yang tak bisa diam tersalurkan. Kala itu usia Hawk Sembilan tahun. Hawk yang masih muda terus skeptis menaklukkan permainan papan seluncur.

Tiada hari tanpa berlatih. Hawk seraya menjalin ikatan dengan papannya. Hawk bahkan menganggap permainan papan seluncur berjasa besar dalam menyalakan kehidupan sosialnya. Suatu narasi yang membuat Hawk lebih nyaman berada di skatepark (taman bermain papan seluncur), ketimbang sekolah.

“Jika saya mendewakan sekolah untuk kehidupan sosial, saya akan mengalami depresi berat. Kesukaan saya bermain papan seluncur memang mengganggu kehidupan sosial saya di sekolah. Saya justru banyak mendapatkan teman di skatepark. Satu-satunya yang saya pikirkan kala itu sekolah hanya untuk dapat nilai bagus, tundukkan kepala  kerja tugas, dan pergi ke skatepark,” ujar Tony Hawk dalam buku Hawk Occupation: Skateboarder (2010).

Papan seluncur hadiah kakaknya jadi saksi bisu perjalanan Hawk menekuni dunia papan seluncur di era 1980-an. Ia memainkan papan seluncurnya di mana saja. Orang Tua Hawk ikut mendukung mimpi anaknya. Mereka memfasilatasi segalanya hingga Hawk mahir.

Taklukkan Dunia Skateboard

Tekad dan kemampuan Hawk tak perlu diragukan. Hawk sudah jadi atlet papan seluncur profesional kala usianya masih 14 tahun. Peningkatan demi peningkatan pun diraihnya. Ia mulai menantang dirinya untuk berpartisipasi dalam hajatan kompetisi papan selunur tingkat nasional hingga dunia.

Ia telah menciptakan banyak trik mempuni. Trik itu antara lain kickflip McTwist, Stalefish, dan Madonna. Hawk pun secara total telah menciptakan 80-an lebih trik di atas papan seluncur. Suatu modal besar yang membuatnya mampu bersinar di dunia papan seluncur.  

Saban hari ada kompetisi, Hawk kerap jadi juara. Barang siapa yang berani berhadapan dengan Hawk, hasilnya sudah tentu: kekalahan.

“Ia dijuluki sebagai anak ajaib oleh media massa Sports Illustrated pada usianya yang menginjak 18 tahun. Atau selama zaman kegelapan olahraga tersebut. Sejak itu Hawk telah memenangkan kompetisi papan seluncur di berbagai belahan dunia - menurut perhitungan terbaik, 73 dari 103 kontes profesional,” ujar David Fischer dalam tulisannya di surat kabar The New York Times berjudul The Pied Piper of Skateboarding, 27 Juni 1999.

Kemenangan itu termasuk kala ia mengikuti X-Games. Suatu kompetisi yang dikhususkan sebagai wadah kompetisi para penggila olahraga ekstrem. Ia mampu menang banyak. Ia mampu berkali-kali mendapatkan medali emas dengan trik-trik ciamiknya.

Kondisi itu membuat era 1990-an jadi penanda puncak kariernya. Namun, Hawk tak lantas berpuas diri. Ia masih ingin menantang dirinya untuk berpartisapasi melawan atlet papan seluncur kenamaan dunia. Hawk pun masih memiliki sebuah misi.

Ia ingin menaklukkan sebuah trik tersulit dalam sejarah papan seluncur. Ia menciptakan dan mencoba menaklukkan trik yang dinamai sebagai 900. Trik itu terlampau sulit karena Hawk harus mampu melakukan dua setengah putaran di udara.

Hawk bertahun-tahun mengasah keterampilannya menaklukkan trik 900. Namun, penguasaan itu tak mudah. Hawk cidera berkali-kali. Bahkan, sempat gegar otak. Perjuangan pun terbalaskan dalam penyelenggaraan X-Games San Francisco 1999.  

Ia jadi orang pertama di dunia yang berhasil membawakan trik 900. Keberhasilan itu membuatnya berhak menyandang medali emas dalam Best Trick Contest di X-Games. Keberhasilan itu membuatnya dipuja-puja dunia.

Warisan Hawk: Gim

Pensiunnya Tony dari dunia papan seluncur menggemparkan dunia. Ia jadi ikon olahraga papan seluncur dalam waktu yang lama. Bahkan, banyak orang yang menyaksikan X-Games hanya mendedikasikan waktunya untuk menikmati penampilan Hawk.

Nyatanya, Hawk tak hanya sekedar pensiun dan menghilang. Pria yang dijuluki Birdman ternyata sudah menyiapkan warisan penting untuk pecinta olahraga papan seluncur di seluruh dunia.

Warisan itu adalah sebuah video gim. Hawk dikontak oleh perusahaan gim dunia, Activision pada 1998. Mereka ingin menggunakan nama Hawk dan tentu saja kepiawaiannya bermain papan seluncur. Activision lalu menghubungi pengembang Neversoft dan proyek tersebut resmi berjalan.

Hawk terlibat banyak hal dalam pengembangan gim itu. Ia tak ingin gim yang dikembangkan berasa hanya mencatut namanya saja. Gim yang garap minimal dapat mengadopsi pengalaman, nuansa, estetika, hingga budaya papan seluncur dunia.

Hawk meminta lagu latar gim berisi lagu yang membangkitkan semangat anak muda. Ada lagu bergenre pop punk, punk rock, hingga hiphop. Band-band papan atas macam The Suicide Machines, Dead Kennedys dan Goldfinger dilibatkan.

Mereka yang notabene atlet papan seluncur papan atas lainnya turut dilibatkan untuk urusan masukan, khususnya terkait nama-nama trik. Kerja keras kolaborasi antara Hawk dan Activision – Neversoft pun rampung.

Khalayak umum dari berbagai belahan dunia akhirnya dapat menikmati gim yang kemudian diberi nama Tony Hawk’s Pro Skater. Gim itu mulai dimainkan di seluruh dunia di konsul PlayStation pada 29 September 1999.

Komentar positif pun didapatkan. Gim itu mampu memberikan sensasi tak terlupakan bagi para pemainnya. Permainan, trik, hingga musik jadi bagi keseruan.

“Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa permainan ini menjadi awal karier mereka di bidang musik, olahraga, atau pembuatan film karena mereka melihat bahwa kami – sebagai pemain papan seluncur profesional – memiliki pendekatan yang berbeda dan lebih menyegarkan terhadap kehidupan,” ujar Tony Hawk dikutip Mat Ombler dalam tulisan berjudul 'It Inspired a Generation': Tony Hawk on how the Pro Skater Video Games Changed Lives, 4 September 2014.

Kehadiran gim itu jadi penanda popularitas permainan papan seluncur di dunia. Peminat olahraga papan seluncur kian bertambah gara-gara gim Tony Hawk's Pro Skater mendunia dan meraih angka penjualan dan keuntungan gila-gilaan: 1,4 miliar dolar AS.

Warisan Tony Hawk pun abadi -- kemudian muncul sekuel lain gimnya. Dunia mengakuinya sebagai legenda papan seluncur sejati. Sumbangsihnya tak hanya hadir dari dalam skatepark, tapi juga luar skatepark. Untuk itu, tiada kata lain dalam rangka menghormati Hawk selain: Thank You, Birdman.

 

 

 

Share
Trending Topic