• Thursday, 17 October 2024

Kontroversi Wasit Ahmed Al Kaf Kembali Terungkap, Dikabarkan Pernah Rugikan Timnas Thailand

Kontroversi Wasit Ahmed Al Kaf Kembali Terungkap, Dikabarkan Pernah Rugikan Timnas Thailand
Wasit Ahmed Al Kaf Pimpin Wasit Bahrain Vs Indonesia (Sumber Foto: Instagram @ahmedalkaf._)

SEAToday.com, Muskat – Wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf dikabarkan pernah juga melakukan keputusan kontroversinya. Saat itu Timnas Thailand diduga menjadi korban Ahmed dalam pertandingan perempat final Piala Asia U-23 saat menghadapi Arab Saudi.

Hal itu diungkap oleh akun ThaiFootballs lewat unggahan di X beberapa waktu silam. Akun tersebut menceritakan pertandingan Thailand Vs Arab Saudi terjadi pada tahun 2020 lalu. Saat itu skor masih imbang 0-0 pada pertengahan babak kedua.

“Ahmed Al Kaf pertama-tama memberi mereka tendangan bebas, tetapi kemudian VAR mengubahnya menjadi penalti, dan dia bahkan tidak memeriksa monitornya sendiri. Bahkan komentator dari FOX Sport sangat bingung dengan keputusan ini. Kami akhirnya kalah 0-1 dan tersingkir dari kompetisi,” tulis cuitan @ThaiFootballs di X.

Keputusan kontroversial itu bermula saat Ahmed awalnya memberikan tendangan bebas untuk Arab Saudi di depan kotak penalti Thailand setelah pemain Arab Saudi dilanggar. Saat pemain Arab Saudi akan menendang, tiba-tiba Ahmed membatalkan tendangan bebas dan mengubahnya menjadi tendangan penalti.

Tentu saja keputusan Ahmed menjadi para pemain Timnas Thailand tak percaya. Para pemain Timnas Thailand melancarkan protes keras. Arab Saudi pun mendapat hadiah penalti dan berhasil unggul 1-0. Arab Saudi yang lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Thailand.

Kekalahan Thailand itu membuat beberapa penggemar sepak bola di negeri gajah putih masih kesal sampai sekarang. Terlebih nama Ahmed Al Kaf viral usai melakukan kesalahan besar dalam pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia saat Bahrain melawan Indonesia.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain di Riffa pada Kamis (10/10) lalu, Indonesia sempat unggul 1-2 hingga penghujung babak kedua. Ahmed memberikan waktu tambahan selama enam menit.

Justru sampai batas tambahan waktu enam menit, Ahmed tak juga menyudahi pertandingan. Ia masih memberi kesempatan pemain Bahrain untuk melancarkan serangan ke pertahanan Indonesia. Sampai akhirnya gawang Indonesia dibobol pemain Bahrain di menit ke-99 dan pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

PSSI pun melancarkan protes keras atas kepemimpinan wasit Ahmed ke AFC dan FIFA. Ahmed dituding “merampok” kemenangan Timnas Indonesia atas Bahrain dalam pertandingan tersebut.

 

 

Share
Trending Topic