• Wednesday, 16 October 2024

Wasit Ahmed Al Kaf dan 5 Kontroversinya di Pertandingan Bahrain Vs Indonesia

Wasit Ahmed Al Kaf dan 5 Kontroversinya di Pertandingan Bahrain Vs Indonesia
Wasit Ahmed Al Kaf Pimpin Wasit Bahrain Vs Indonesia (Sumber Foto: Instagram @ahmedalkaf._)

 

 SEAToday.com, Riffa – Wasit Ahmed Al Kaf asal Oman memimpin pertandingan Bahrain Vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia pada Kamis (10/10). Dalam laga yang berlangsun di Stadion Nasional Bahrain, skuad garuda bermain imbang 2-2. Diduga hasil imbang ini merugikan Indonesia karena kepemimpinan wasit yang disebut berat sebelah.

Ahmed memang dikenal memiliki reputasi sebagai wasit berlisensi FIFA di Asia yang disegani. Dia dikenal tegas meskipun cukup sering memberikan kartu kuning di setiap pertandingan yang dipimpinnya. Nah, apa saja kontroversi yang dilakukan Ahmed di pertandingan Bahrain Vs Indonesia tadi malam?

1.Waktu Injury Time

Indonesia sudah unggul 1-2 saat pertandingan memasuki injury time atau waktu tambahan. Ahmed memberikan enam menit. Justru waktu tambahan melebihi enam menit sampai akhirnya pemain Bahrain bisa menyamakan kedudukan di menit ke 90+9. Skor pun akhirnya imbang 2-2.

Kemenangan Timnas Indonesia sepertinya “dicuri” begitu saja. PSSI berencana untuk melaporkan Ahmed ke AFC dan FIFA terkait tidak memberhentikan pertandingan ketika waktu injury time sudah melewati batas.

2. Memberi Banyak Tendangan Bebas untuk Bahrain

Para pemain Indonesia banyak melakukan pelanggaran menurut Ahmed dipertandingan lawan Bahrain. Hal itu membuat Bahrain mendapat keuntungan mendapatkan tendangan bebas. Gol Bahrain didapat setelah pemain Indonesia dianggap melakukan pelanggaran.

3. Jarang Memberikan Timnas Indonesia Tendangan Bebas

Sementara Ahmed jarang memberikan tendangan bebas untuk Indonesia. Misalnya ketika Rafael Struick dijatuhkan di depan kotak penalti Bahrain, justru wasit melihat itu bukan pelanggaran. Padahal tendangan bebas yang diberikan kepada Timnas Indonesia bisa dimaksimalkan jadi peluang karena memiliki penendang akurat, seperti Thom haye.

4.Tidak Melihat VAR

Gol penyeimbang Bahrain dianggap tak sah karena penyerang Husein Albdulkarim lebih dulu terjebak offside. Seharusnya Ahmed bisa saja melihat ke video assistant referee atau VAR untuk mengecek terkait posisi pemain Bahrain sebelum gol terjadi.

5.Keputusan Bias

Pelatih Shin Tae-yong usai laga dalam jumpa persnya memberikan keterangan bahwa banyak keputusan wasit yang menurutnya bias atau tak jelas. Tentu saja ini sangat merugikan Timnas Indonesia.

 

 

Share
Trending Topic