• Sunday, 06 October 2024

Veddriq Leonardo Dapat Emas Olimpiade, Rocky Gerung hingga Kaesang Disebut Turut Andil

Veddriq Leonardo Dapat Emas Olimpiade, Rocky Gerung hingga Kaesang Disebut Turut Andil
Veddriq Leonardo (tengah) dapat medali emas Olimpiade Paris 2024 (Foto: Instagram @veddriq)

SEAToday.com, Paris – Veddriq Leonardo mendapat medali emas Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga panjat tebing. Keberhasilan Veddriq mencatatkan rekor baginya sebagai atlet panjang tebing Indonesia pertama yang raih medali emas di Olimpiade.

Tentu saja keberhasilan yang diraih Veddriq tak lepas dari bantuan beberapa orang di sekelilingnya, termasuk para pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia atau FPTI, organiasasi yang menaungi olahraga panjat tebing di Indonesia. Dari para pengurus FPTI ada nama Kaesang Pangarep dan Rocky Gerung.

Keduanya masuk menjadi pengurus FPTI periode 2023-2027 yang diketuai oleh Yenny Wahid.  Kaesang menduduki jabatan sebagai pembina FPTI bersama beberapa orang lain, termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono.

Sementara Rocky yang dikenal sebagai pengamat politik dan akademisi menjadi Wakil Ketua Bidang Panjat Tebing Alam & Rekreasi. Pria yang dikenal sebagai dosen ilmu filsafat ini memang memiliki hobi naik gunung sehingga cocok untuk menjadi pengurus di FPTI dengan pengalaman yang dimiliki.

Rocky pernah berujar dirinya ingin olahraga panjat tebing tumbuh di Indonesia sebagai olahraga dengan sportifitas dan torehan prestasi untuk bangsa dan negara, tentu saja adanya prestasi yang diberikan para atlet untuk Indonesia.

Melansir dari banyak sumber Veddriq adalah atlet yang lahir di Pontianak pada 11 Maret 1997 (27 Tahun). Sejak masih duduk di bangku SMA Veddriq sudah tertarik dengan olahraga panjat tebing.

Bermula dari mewakili sekolah di kejuaraan lomba panjat tebing membuat pengalaman demi pengalaman di dapatkan oleh Veddriq. Ia pun semakin jatuh cinta dengan panjat tebing hingga mendalaminya di nomor boulder lalu pindah ke speed.

Kepindahan nomor lomba dari boulder ke speed justru membawa Veddriq ke gerbang kesuksesan sebagai atlet panjat tebing. Berbagai prestasi sudah berhasil ia dapatkan, misalnya merebut enam gelar juara dunia IFSC Climbing World Cup.

Di kancah kejuaraan olahraga tingat Asia misalnya Asian Games sudah dua kali Veddriq memperoleh medali masing-masing emas di tahun 2018 dan perak pada tahun 2022. Koleksi medali Veddriq semakin lengkap dengan tambahan medali emas Olimpiade Paris 2024.

 

Share
Trending Topic