• Saturday, 18 May 2024

Viral Keindahan Lapangan Sepak Bola di Tembagapura Papua, Negeri di Atas Awan

Viral Keindahan Lapangan Sepak Bola di Tembagapura Papua, Negeri di Atas Awan
Lapangan sepak bola di tembagapura, Papua disebut sebagai salah satu lapangan sepak bola terindah di dunia (Foto: ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

SEAToday.com, Tembagapura – Sebuah lapangan sepak bola di Tembagapura, Papua viral beberapa waktu lalu. Lapangan tersebut jadi sorotan netizen karena berada di atas ketinggian. Disebut sebagai salah satu lapangan sepak bola paling indah di dunia.

Adalah akun Instagram @ihsanworld yang mengunggah video lapangan tersebut di Instagram pada akhir tahun 2023 silam. Dalam video itu nampak beberapa orang sedang bermain sepak bola di lapangan itu.

Di sekitar lapangan berdiri kokoh bukit-bukit indah, memanjakan mata yang melihatnya. Belum lagi kabut-kabut berterbangan di udara, pertanda suhu udara di Tembagapura cukup dingin.

Dalam kondisi normal suhu udara Tembagapura berkisar dari 3-20 derajat Celsius. Karena berada di ketinggian membuat Tembagapura disebut negeri di atas awan.

Lapangan itu berada di kawasan Sporthall Tembagapura. Berdiri di sebuah lembah dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Bisa jadi selain disebut lapangan terindah di dunia, tempat ini jadi salah satu lapangan sepak bola tertinggi di dunia.

Unggahan tersebut mendapat komentar dari netizen yang takjub dengan keindahan di lapangan. “Tjakeeepppp banggeettt,” tulis seorang netizen. “Menanti beautifull of sunset,” tambah netizen lain berkomentar.

Pemilik akun @ihsanworld adalah seorang konten kreator video. Ia mengambil gambar dari ketinggian sehingga daerah di sekitar lapangan ikut terekam. “Momen yang hanya ada di Tembagapura,” sahutnya menanggapi komentar netizen.

Lapangan sepak bola ini juga menjadi tempat latihan dari Papua Football Academy yang beberapa waktu lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Lapangan di Tembagapura ini memang cocok untuk dipakai latihan karena bisa melatih fisik pemain karena  bermain di ketinggian.

Tembagapura adalah kota yang terkenal dengan sumber daya tambang. Tembagapura sebuah distrik yang berada di Mimika, provinsi Papua Tengah. Distrik ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1973 dan dikelola oleh PT Freeport Indonesia.

Sebagai kawasan yang menjadi aset Indonesia, Tembagapura dijaga cukup ketat. Tidak sembarangan orang bisa masuk ke dalam kecuali yang berkepentingan. Mayoritas warga yang tinggal di Tembagapura adalah pegawai Freeport dan keluarganya.

Tembagapura memiliki bentuk geografis mirip di Amerika Serikat dari struktur bangunan dan lingkungannya, termasuk fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, sarana olahraga, sekolah, hingga kafe.

 

 

Share
Trending Topic
Popular Post

Indonesian National Footbal Team Prospects Justin Hubner Set to O...

Justin Hubner will undergo an oath-taking procession as an Indonesian citizen (WNI) in Jakarta on Wednesday (12/6).

Indonesian Women Singles Ruzana Wins Sri Lanka International Seri...

Indonesian women's singles badminton player Ruzana won the Sri Lanka International Series 2024 tournament held at the Indoor Stadium Galle.

Indonesian Fencing Team Wins 5 Medals at SEAFF Junior and Cadet C...

The Indonesian cadet and junior fencing team won a total of five medals in the ASEAN Fencing Championships “SEAFF Junior and Cadet Championships 2024”.

Infographic