• Tuesday, 21 May 2024

Resmi Jadi WNI, Lebih Hebat Mana Maarten Paes atau Ernando Ari?

Resmi Jadi WNI, Lebih Hebat Mana Maarten Paes atau Ernando Ari?
Resmi jadi warga negara Indonesia, Maarten Paes akan bersaing dengan Ernando Ari sebagai kiper utama Timnas Indonesia (Instagram @fcdallas)

SEAToday.com, Jakarta – Resmi sudah Maarten Paes menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kiper tersebut bisa segera membela Timnas Indonesia senior di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Lalu apakah kehadiran Maarten Paes akan menggeser posisi Ernando Ari? Keduanya adalah kiper yang sama-sama hebat.

  • Ernando Ari

Saat ini Ernando menjadi kiper pertama Timnas Indonesia level senior dan U-23. Penampilan Ernando cukup meyakinkan. Di Piala Asia U-23 Ernando menjadi pemain timnas yang bermain stabil karena berhasil menepis tendangan penalti pemain lawan, total ada 3 pemain lawan yang penaltinya dimentahkan, satu Australia dan dua dari Korea Selatan.

Memang untuk postur tinggi badan Ernando masih kalah jauh dibandingkan Paes. Kiper klub Persebaya ini memiliki tinggi 1,79 meter. Tetapi ketenangan dan reflek Ernando sebagai kiper cukup baik dan bisa diadu.

Usia Ernando yang masih muda membuat masa depannya cerah di Timnas Indonesia. Bayangkan saja ketika usia Ernando masih 19 tahun, pelatih Shin Tae-yong sudah memanggilnya ke skuad Timnas Indonesia senior.

Ernando pun menjadi kiper yang memiliki banyak penggemar.Akun Instagramnya memiliki followers mencapai  lebih dari 1 juta pengikut. Tentunya punya wajah yang tampan bikin kaum hawa senang melihat pria yang sudah memiliki kekasih ini.

  • Maarten Paes

Bagaimana dengan Maarten Paes? Secara postur memang Paes lebih tinggi dibandingkan Ernando. Kiper yang dulunya warga negara Belanda ini memiliki tinggi 1,92 meter. Jika Ernando hanya bermain di kompetisi Liga 1, Paes saat ini menjadi kiper klub FC Dallas di kompetisi Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Menjaga mistar gawang FC Dallas, Paes menjadi salah satu kiper tangguh di MLS. Bahkan ia pernah melawan Inter Miami FC klub yang diperkuat Lionel Messi. Dalam pertandingan itu Paes mencetak clean sheet alias tak kebobolan saat lawan Messi dan FC Dallas menang dengan skor 1-0.

Kehadiran Paes di Timnas Indonesia akan membuat persaingan penjaga gawang semakin ketat. Paes juga kiper tangguh dan berani melakukan duel-duel di udara. Selain Paes dan Ernando, ada kiper Cyrus Margono yang juga sudah resmi menjadi WNI dan bisa memanaskan persaingan di barisan penjaga gawang Timnas Indonesia.

Pilihan berat akan diputuskan oleh Shin Tae-yong (STY). Sebagai pelatih dia harus mampu memilih siapa yang akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia. Kira-kira siapa yang akan dipilih STY antara Paes, Ernando, atau malah Cyrus? Apakah Paes mau jika jadi pelapis Ernando di Timnas Indonesia? Yuk ditunggu saja keputusan STY nanti.

 

Share
Trending Topic
Popular Post

Indonesian National Footbal Team Prospects Justin Hubner Set to O...

Justin Hubner will undergo an oath-taking procession as an Indonesian citizen (WNI) in Jakarta on Wednesday (12/6).

Indonesian Women Singles Ruzana Wins Sri Lanka International Seri...

Indonesian women's singles badminton player Ruzana won the Sri Lanka International Series 2024 tournament held at the Indoor Stadium Galle.

Indonesian Fencing Team Wins 5 Medals at SEAFF Junior and Cadet C...

The Indonesian cadet and junior fencing team won a total of five medals in the ASEAN Fencing Championships “SEAFF Junior and Cadet Championships 2024”.

Infographic