• Wednesday, 16 October 2024

Bahrain Vs Indonesia: Shin Tae-yong Sorot Tajam Keputusan Wasit

Bahrain Vs Indonesia: Shin Tae-yong Sorot Tajam Keputusan Wasit
Source: pssi.org

SEAToday.com, Jakarta - Pelatih timnas Indonesia ikut berkomentar terkait keputusan wasit pada pertandingan laga ketiga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C melawan Bahrain di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10) pukul 23.00 WIB.

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu menyampaikan bahwa kedua tim telah menampilkan yang terbaik hingga akhir pertandingan. Namun, Shin menilai keputusan wasit dalam memimpin pertandingan masih butuh diperbaiki.

 “Kedua tim melakukan yang terbaik sampai wasit meniupkan peluit panjang. Akan tetapi, saya harus memastikan kembali terkait dengan keputusan-keputusan wasit di pertandingan tadi. Bila AFC ingin semakin maju, maka keputusan dan kepemimpinan wasit juga perlu diperbaiki,” kata pria 53 tahun tersebut dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan, dikutip dari situs resmi PSSI.

Shin sendiri sangat menyayangkan keputusan tersebut, pasalnya dapat berpengaruh terhadap skor yang menguntungkan Bahrain. Memasuki menit terakhir, anak asuh Dragan Talajic berhasil menciptakan gol hingga pertandingan berakhir imbang 2-2. 

 “Soal tambahan waktu, seharusnya enam menit namun menjadi lebih dari sembilan menit. Lalu, keputusan-keputusan wasit yang menurut saya bias.” ujarnya.

Tak hanya Shin Tae-yong sebagai pelatih, para anak asuhnya turut marah dan emosi melihat keputusan yang dianggap sepihak tersebut. Ia menilai semua orang dapat memaklumi para pemain yang melakukan protes usai pertandingan berakhir.

“Saya rasa semua orang bisa memahami kenapa para pemain kami kesal dengan keputusan-keputusan tersebut,” tuturnya mengakhiri pembicaraan.

 Meski demikian, Shin turut mengapresiasi kinerja anak asuhnya yang berjuang keras hingga akhir pertandingan. Sebelum unggul 2-1, Timnas Indonesia sempat tertinggal lebih dulu melalui gol pertama Marhoon pada menit ke-15 lewat tendangan bebas, yang dibalas Ragnar Oratmangoen (45+3’) dan Rafael Struick (74’).

Hasil tersebut, membuat skuad Garuda harus puas membawa satu poin dari Bahrain. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Kamis 10 Oktober 2024, skuad Garuda sempat unggul 2-1 namun tuan rumah mampu membuat gol penyama kedudukan di menit 90+9 melalui sepakan Mohamed Marhoon sehingga skor berakhir imbang 2-2.

Kini timnas Indonesia langsung menatap pertandingan keempat babak tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan menghadapi Tiongkok pada Selasa (15/10). Kembali menjalani pertandingan tandang, tim langsung terbang ke Qingdao empat jam setelah pertandingan menghadapi Bahrain.

Penulis: Hepy Marshanda

Share
Trending Topic