• Friday, 17 May 2024

Indonesia Takluk 0-2 dari Uzbekistan, Erick Thohir: Masih Ada Kesempatan Garuda Mendunia

Indonesia Takluk 0-2 dari Uzbekistan, Erick Thohir: Masih Ada Kesempatan Garuda Mendunia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (dok. PSSI)

SEAToday.com, Doha-Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Uzbekistan 0-2 di laga semifinal yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin, 29 April 2024. Lewat hasil tersebut, skuad Garuda Muda gagal melaju ke final, namun tetap berpeluang ke Olimpiade 2024.

Pasukan Shin Tae-yong harus mengunci kemenangan pada laga perebutan posisi ketiga melawan tim Irak kalah 2-0 dari Jepang di semifinal. Laga tersebut akan digelar pada 2 Mei 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Pada laga semifinal melawan Uzbekistan, Tim Garuda Muda sempat membuka asa di menit ke-61 ketika bola hasil tembakan Muhammad Ferrari dinyatakan gol oleh wasit. Namun, setelah peninjauan VAR, gol tersebut dianulir karena dianggap dalam posisi offside.

Uzbekistan lantas membobol gawang Indonesia pada menit ke-68 dan bertambah di menit ke-86. Indonesia harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-84 setelah Rizky Ridho diberi kartu merah.

Selepas kalah dari Uzbekistan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir membagikan video melalui akun Instagram pribadinya pada Selasa, 30 April 2024 dini hari WIB. "Dalam sepak bola kita belum berhasil mengalahkan Uzbekistan, namun kita menang dalam kebersamaan. Dan kemenangan ini tidak ternilai harganya. Kita semua akan terus bekerja keras kembali agar mampu meraih posisi ke-3 dan bisa tampil di Olimpiade. Masih ada kesempatan untuk Garuda Mendunia. Terima kasih 🇮🇩," tulisnya.

Dalam video tersebut, Erick juga terlihat memotivasi para pemain timnas Indonesia U-23 di ruang ganti. "Ini ada gim kedua yang penting, yang memastikan kita juga lolos Olimpiade, tempat ketiga," kata Erick.

"Kita mau nyerah atau fight back? Mau nyerah atau fight back?," tanya Erick Thohir kepada pemain.

Para pemain timnas Indonesia U-23 pun dengan kompak dan lantang menjawab pertanyaan Erick untuk fight back. "Ayo come on, ayo. Masih ada," lanjutnya.

"Kita percaya kalian. Kalian bisa. Pak Menpora di sini. Presiden nonton kalian. Seluruh rakyat Indonesia nonton kalian. Kasih lihat kita bangsa yang kuat. Enggak bisa diinjek-injek. Jangan ngeluh. Kita fight back. We are strong and we can fight back. Come on!" tambahnya.

 

Share
Trending Topic
Popular Post

Indonesian National Footbal Team Prospects Justin Hubner Set to O...

Justin Hubner will undergo an oath-taking procession as an Indonesian citizen (WNI) in Jakarta on Wednesday (12/6).

Indonesian Women Singles Ruzana Wins Sri Lanka International Seri...

Indonesian women's singles badminton player Ruzana won the Sri Lanka International Series 2024 tournament held at the Indoor Stadium Galle.

Indonesian Fencing Team Wins 5 Medals at SEAFF Junior and Cadet C...

The Indonesian cadet and junior fencing team won a total of five medals in the ASEAN Fencing Championships “SEAFF Junior and Cadet Championships 2024”.

Infographic