• Thursday, 16 May 2024

Shin Tae-yong Percaya Diri Antar Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong Percaya Diri Antar Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024
Timnas U-23 Indonesia. (dok. PSSI)

SEAToday.com, Doha-Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, ingin mengantarkan kembali Indonesia berlaga di cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade.

Indonesia akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Senin, 29 April 2024. Pemenang laga ini otomatis mengunci satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut bahwa persiapan Indonesia sangat baik jelang melawan Uzbekistan. Kepercayaan diri para pemain meningkat usai lolos dari Grup A, yang notabenenya grup neraka.

Ditambah, skuad Garuda Muda menaklukkan Korea Selatan di babak perempat final lewat adu tendangan penalti.

"Mengenai pertandingan perempat final antara Arab Saudi vs Uzbekistan, saya pergi ke Stadion dan saya menonton pertandingan secara langsung. Saya merasa Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus. Semua sisinya sangat bagus dan terorganisir. Mereka juga sangat disiplin," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI.

Ia menambahkan bahwa beberapa penilaiannya setelah menonton pertandingan Uzbekistan. "Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan. Salah satu yang krusial, alasan utamanya adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat," jelasnya.

Dikatakan Shin Tae-yong bahwa Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat di kompetisi ini karena mereka memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan.

"Serta juga seperti yang Anda tahu, transisinya cepat. Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia," tambahnya.

Meski begitu, Shin Tae-yong mengatakan tidak ada alasan lagi, Indonesia U-23 harus merebut tiket Olimpiade Paris 2024.

"Saya tidak tahu apakah Indonesia pernah berpartisipasi di Olimpiade sebelumnya. Saya mendengar terakhir berlaga di Olimpiade Melbourne 68 tahun lalu. Ini waktunya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade (lagi)," katanya.

Ia menutup, "Saya tak merasa ini sebagai tekanan besar. Saya menikmati momen dan tantangan ini. Ini adalah momen bahagia untuk para pemain. Kali ini, saya akan membuat Indonesia pergi ke Olimpiade."

Share
Trending Topic
Popular Post

Indonesian National Footbal Team Prospects Justin Hubner Set to O...

Justin Hubner will undergo an oath-taking procession as an Indonesian citizen (WNI) in Jakarta on Wednesday (12/6).

Indonesian Women Singles Ruzana Wins Sri Lanka International Seri...

Indonesian women's singles badminton player Ruzana won the Sri Lanka International Series 2024 tournament held at the Indoor Stadium Galle.

Indonesian Fencing Team Wins 5 Medals at SEAFF Junior and Cadet C...

The Indonesian cadet and junior fencing team won a total of five medals in the ASEAN Fencing Championships “SEAFF Junior and Cadet Championships 2024”.

Infographic