• Sunday, 29 September 2024

Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Tetap Berlanjut hingga 2027

Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Tetap Berlanjut hingga 2027
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno didampingi Chairman MotoGP Mandalika Troy Reza Warokka saat dikonfirmasi wartawan usai menyaksikan sesi Practice di Sirkuit Mandalika, Jumat (27/9/2024). (dok: ANTARA/Nur Imansyah)

SEAToday.com, Mandalika - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pastikan kemitraan pemerintah dengan Dorna Sport untuk menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), tetap berlanjut hingga 2027.

Hal ini merupakan komitmen kemitraan antara pemerintah, BUMN Injourney, dan Dorna Sport.

"Sudah berulang kali kami sampaikan MotoGP ini akan berlanjut. Komitmen dan kemitraan pemerintah bersama BUMN Injourney dan Dorna Sport akan terus. Jadi MotoGP 2025, 2026, 2027 akan berlanjut," kata Sandiaga Uno didampingi Chairman MotoGP Mandalika Troy Reza Warokka usai meninjau Sirkuit Mandalika pada sesi Practice, Jumat (27/9) dilansir dari ANTARA.

Ia pun meminta dukungan masyarakat untuk terus menyukseskan MotoGP di Sirkuit Mandalika ini. Hal ini karena mengingat dampak yang cukup besar bagi peningkatan ekonomi dan kunjungan wisatawan ke Indonesia, termasuk Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada MotoGP sebelumnya, ajang balap dunia ini mampu menciptakan lapangan kerja 2.000-3.000 orang per sekali kegiatan MotoGP.

Sandiaga juga menambahkan, dampak ekonomi pada tahun pertama mencapai Rp8 triliun. Sementara pada tahun lalu, event ini berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi hampir 1 persen.

"Berarti ini ajang ini layak untuk diteruskan dari segi skala ekonomi," kata Sandiaga.

Terkait kewajiban pemerintah membayar hosting fee sebesar Rp231 miliar kepada Dorna Sport, Sandiaga menyatakan bahwa semua sudah bisa dibayarkan.

"Alhamdulillah untuk hosting fee semua sudah selesai, sudah ditandatangani kerjasamanya, jadi sudah tidak ada masalah," ungkapnya.

Share
Trending Topic