• Wednesday, 22 May 2024

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Siap Main Buat Timnas Indonesia

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Siap Main Buat Timnas Indonesia
Maarten Paes resmi menjadi WNI (Instagram @maartenpaes)

SEAToday.com, Jakarta - Kiper FC Dallas Maarten Paes telah merampungkan serangkaian prosedur untuk memperoleh status Warga Negara Indonesia, termasuk sumpah WNI pada hari Selasa (30/4/2024) ini.

Berdasarkan unggahan dari akun Instagram resmi Kementerian Hukum dan HAM, terdapat foto saat Maarten Paes tengah melaksanakan dan telah selesai menuntaskan sumpah WNI. Ia terlihat menggunakan setelan formal dengan dasi merah dan peci berwarna hitam polos. 

Unggahan ini kemudian menjadi tanda tanya besar bagi penggemar sepak bola tanah air, pasalnya beberapa waktu lalu, beredar kabar terdapat gugatan yang diajukan PSSI ke Court of Arbitration for Sport (CAS) terkait dengan naturalisasi Maarten Paes yang dilakukan di atas umur 21 tahun dan ia juga sebelumnya pernah bermain sebagai kiper di timnas Belanda U-21

Hingga Kemenkumham merilis foto pengambilan sumpah WNI Maarten Paes, PSSI belum mengeluarkan pernyataan terkait kewarganegaraan Maarten Paes.

Maarten Paes merupakan seorang kiper yang bermain di liga Amerika untuk FC Dallas. Sebelumnya, ia tergabung dalam FC Utrecht dalam posisi yang sama. Ia mendapat keturunan Indonesia dari neneknya yang lahir di Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940 silam. 

Maarten Paes pernah bermain untuk timnas Belanda U-18, U-19, U-20, hingga U-21. Dilansir dari situs Transfermarkt, sang kiper terakhir bermain untuk timnas Belanda pada tahun 2019 silam. 

Saat ini, Maarten Paes resmi menjadi Warga Negara Indonesia dan dikabarkan siap membela timnas Indonesia di laga Juni mendatang, Indonesia kontra Irak serta Indonesia kontra Filipina dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Penulis: Kalila Untsa

Share
Trending Topic
Popular Post

Indonesian National Footbal Team Prospects Justin Hubner Set to O...

Justin Hubner will undergo an oath-taking procession as an Indonesian citizen (WNI) in Jakarta on Wednesday (12/6).

Indonesian Women Singles Ruzana Wins Sri Lanka International Seri...

Indonesian women's singles badminton player Ruzana won the Sri Lanka International Series 2024 tournament held at the Indoor Stadium Galle.

Indonesian Fencing Team Wins 5 Medals at SEAFF Junior and Cadet C...

The Indonesian cadet and junior fencing team won a total of five medals in the ASEAN Fencing Championships “SEAFF Junior and Cadet Championships 2024”.

Infographic