• Saturday, 19 October 2024

Pelatih Timnas Arab Saudi Roberto Mancini Terancam Dipecat

Pelatih Timnas Arab Saudi Roberto Mancini Terancam Dipecat
Pelatih Timnas Arab Saudi Roberto Mancini (Sumber Foto: Instagram @mrmancini10)

SEAToday.com, Jeddah – Pelatih Timnas Arab Saudi asal Italia, Roberto Mancini dikabarkan terancam akan dipecat. Hal ini lantaran Arab Saudi belum tampil maksimal di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Saat ini Arab Saudi masih menduduki peringkat ketiga dengan poin 5. Posisi Arab Saudi berada di bawah Jepang dan Australia, sementara lebih baik dibandingkan Bahrain, Indonesia, dan China.

Berada di posisi ketiga membuat Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) ketar-ketir. Mereka khawatir jika Arab Saudi tak lolos ke Piala Dunia 2026 karena kalah bersaing dari negara-negara lain di Grup C. Informasi yang beredar petinggi SAFF marah pada Mancini dalam dua hasil terakhir Arab Saudi.

Pertama, Arab Saudi harus menyerah dari Jepang 0-2. Padahal pertandingan itu berlangsung di kandang sendiri. Kemudian pertandingan melawan Bahrain, Arab Saudi hanya bermain imbang.

Makanya keadaan ini membuat kursi Mancini sebagai pelatih Arab Saudi memanas. Apalagi pada bulan November 2024 nanti, Arab Saudi akan bertandang ke Australia dan Indonesia. Jika kalah dalam dua pertandingan itu, bukan tak mungkin Mancini akan kehilangan pekerjaan sebagai pelatih Arab Saudi.

“Kami sekarang berada dalam suasana marah. Kami belum bisa mengevaluasi masalah, dan membuat keputusan dalam situasi ini. Kami akan mempelajari semua opsi dan mengumumkan keputusannya dalam beberapa hari,” ujar presiden SAFF Yasser Al Misehal dilansir dari Goal.com.

Al Misehal dalam keterangannya akan membicarakan dengan pihak-pihak internal terkait nasib Mancini. “Saya memimpin sebuah sistem, dan saya harus mendukung semua elemen untuk memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Selama menjadi pelatih Arab Saudi, Mancini memang belum memberikan hasil yang cukup signifikan. Pada Piala Asia 2024 lalu, Arab Saudi tidak meraih juara. Sementara sebelum melatih Arab Saudi, Mancini melatih Timnas Italia namun mengundurkan diri pada tahun 2023 lalu. Padahal Mancini membawa Italia menjadi juara Piala Eropa 2020.

 

Share
Trending Topic