• Wednesday, 16 October 2024

AFC Tolak Surat Protes PSSI, Diminta Lapor ke FIFA

AFC Tolak Surat Protes PSSI, Diminta Lapor ke FIFA
Protes PSSI terhadap AFC soal kepemimpinan wasit pada laga Bahrain vs Indonesia di putaran ketiga Kualifikas Piala Dunia 2026 zona Asia resmi ditolak. (dok: AFC)

SEAToday.com, Jakarta - Protes yang dilayangkan PSSI terhadap AFC soal kepemimpinan wasit pada laga Bahrain vs Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia resmi ditolak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Manajer Timnas Indonesia Sumardji bahwa AFC menolak surat protes dari PSSI terkait kepemimpinan wasit di laga melawan Bahrain. Balasan AFC atas surat protes PSSI tersebut disampaikan pada Selasa (15/10) siang.

"Barusan jam 12 siang ini (15/10), saya mendapat balasan surat protes yang kita kirimkan, dari AFC. AFC menyatakan protes tidak diterima, dan untuk lebih jelasnya kami diminta kirim surat ke FIFA," ujar Sumardji.

Seperti diketahui, PSSI melayangkan surat protes ke AFC terhadap wasit asal Oman Ahmed Al Kaf yang dianggap berat sebelah dan menguntungkan Bahrain.

Timnas Indonesia yang nyaris menang 2-1, akhirnya harus puas dengan hasil imbang 2-2 di Bahrain National Stadium pada matchday ketiga ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jumat (10/10).

Surat protes keberatan yang dilayangkan yaitu terkait perpanjangan waktu yang melebihi batas. Perpanjangan waktu enam menit yang diberikan, berakhir dengan laga yang berlangsung hingga 90+9 yang membuat Bahrain mampu menyamakan kedudukan 2-2.

"Sebenarnya ke FIFA kami juga sudah kirim, jawabannya kami diminta mengirim surat ke AFC, ini agak aneh," tambahnya.

Dengan ditolaknya surat protes tersebut, Sumardji menjelaskan bahwa apa yang sudah terjadi dalam laga tersebut, sudah tidak akan berubah termasuk hasil pertandingan maupun penugasan wasit yang dianggap tidak bermasalah.

Share
Trending Topic