• Friday, 18 October 2024

Kemenpora Bersama LPDP Luncurkan Beasiswa Keolahragaan

Kemenpora Bersama LPDP Luncurkan Beasiswa Keolahragaan
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan. (dok: Kemenpora)

SEAToday.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) belum lama ini meluncurkan program Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan.

Dilansir dari laman resmi Kemenpora, peluncuran beasiswa ini sebagai bentuk upaya peningkatan kesejahteraan para atlet dan pelaku olahraga berprestasi di tanah air.

“Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga terus melakukan upaya-upaya sistematis dalam meningkatkan kesejahteraan para atletnya dan pelaku olahraga berprestasi. Kami sedang mencari terobosan pendidikan yang lebih baik bagi para atlet atau mantan atlet,” ujar Menpora Dito Ariotedjo dalam acara Penghargaan Insan Olahraga Berprestasi 2024,

Beasiswa S2 dan S3 ini diberikan untuk para atlet yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan secara khusus diperuntukkan bagi para atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Adanya beasiswa ini. diharapkan pendidikan atlet yang selama ini waktunya habis untuk latihan menjadi teratasi dengan berbagai upaya, termasuk di antaranya pendidikan khusus bagi atlet.

“Karena ini full support dari beasiswa, jadi ini kami buka kesempatan untuk meraih pendidikan yang sebaik-baiknya,” tegas Menpora Dito

Adapun untuk pemberian beasiswa ini dikatakan tidak ada syarat prestasi minimal. Yang terpenting semua persyaratan terpenuhi, baik atlet, mantan atlet, dan tenaga olahraga sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tentang Keolahragaan.

Melalui program ini, para penerima beasiswa dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keahlian tenaga profesional di bidang olahraga, mendukung pengembangan ekosistem olahraga di Indonesia, sekaligus apresiasi kepada prestasi dan dedikasi insan olahraga.

Lewat program beasiswa ini juga, warga negara Indonesia (WNI) yang bergerak di bidang keolahragaan, baik sport/e-sport dapat menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Ke depannya, Kemenpora juga akan terus melakukan upaya terobosan, terutama dalam rangka mendorong tumbuhnya industri olahraga.

Beasiswa LPDP Bidang Keolahragaan nantinya akan efektif dilaksanakan dan dibuka untuk insan olahraga Indonesia mulai tahun 2025.

Share
Trending Topic