• Friday, 18 October 2024

Peparnas 2024, Menpora Dito Teguhkan Komitmen Perjuangkan Kesetaraan Disabilitas

Peparnas 2024, Menpora Dito Teguhkan Komitmen Perjuangkan Kesetaraan Disabilitas
Prosesi penyulutan api Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, pada Minggu (6/10) malam, berlangsung penuh haru dan mengesankan. Para atlet disabilitas kebanggaan Indonesia turut ambil bagian dalam momen sakral ini.(foto:gilang/kemenpora.go.id)

SEAToday.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut bahwa ajang multi event olahraga Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 yang digelar di Solo kali ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memperjuangkan kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan langsung olehnya saat memberikan laporan di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (6/10) malam. 

Saat itu, ia juga menyampaikan bahwa melalui ajang olahraga tersebut akan dipastikan adanya hak berolahraga bagi semua warga negara Indonesia.

“Melalui ajang ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama pemerintah daerah meneguhkan komitmen untuk terus memperjuangkan kesetaraan bagi penyandang disabilitas, memastikan hak berolahraga bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik,” kata Menpora Dito, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Di sisi lain, Dito juga menyebut prestasi olahraga Indonesia semakin meningkat saat berada di bawah bimbingan Presiden Joko Widodo. Hal itu terbukti melihat pencapaian Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 yang kini menjadi sejarah dengan rekor perolehan medali terbanyak.

Dengan adanya ajang multi event olahraga Peparnas kali ini, para atlet disabilitas Indonesia mampu bersaing dalam mengharumkan Tanah Air.

"Perpanas bukan hanya soal prestasi, tetapi juga tempat lahirnya bibit-bibit unggul yang siap mengharumkan nama Indonesia, baik di kancah ASEAN, Asia, maupun Paralimpiade. Di Paralimpiade Paris 2024, kita berhasil mencatat sejarah dengan rekor perolehan medali terbanyak sepanjang Indonesia mengikuti Paralimpiade," ujar Dito.

Penulis: Hepy Marshanda

Share
Trending Topic