• Sunday, 29 September 2024

Euro 2024: Southgate Bangga Bawa Inggris ke Final di Luar Negeri

Euro 2024: Southgate Bangga Bawa Inggris ke Final di Luar Negeri
Para pemain Timnas Inggris gembira usai lolos ke semifinal Piala Eropa 2024 (Foto: Instagram @england)

SEAToday.com, Jakarta - Pelatih Inggris Gareth Southgate mengaku bangga bisa membawa timnya ke final Euro 2024. Pasalnya, ini adalah kali pertama Inggris bisa lolos ke final sebuah turnamen yang berlangsung di luar negeri.

“Bisa membawa Inggris ke final turnamen besar di luar negeri, saya sangat bangga,” kata Southgate seperti dilansir situs resmi UEFA.

Ini adalah kali pertama Inggris masuk final di sebuah turnamen yang berlangsung di luar negara mereka. Sebelumnya, Tim Tiga Singa memang pernah menjuarai Piala Dunia 1966, namun turnamen kala itu dihelat di Inggris.

Pada Euro 2020, Inggris yang bertindak sebagai tuan rumah juga masuk final sebelum dikalahkan Italia. Inggris sendiri memang belum pernah menjadi juara Eropa.

Pada final kali ini, Bukayo Saka dkk. akan menghadapi calon kuat juara Spanyol. Berbeda dengan Inggris, Spanyol sudah tiga kali juara Euro, jumlah terbanyak bersama Jerman.

“Sekarang kami ingin menang melawan Spanyol, tim terbaik sepanjang turnamen. Ini akan sulit,” kata Southgate.

Mengenai gaya bermain Spanyol, Southgate menilai calon lawannya itu merupakan tim yang kuat. Inggris pun harus tampil luar biasa agar bisa menang.

“Mereka menekan dengan sangat baik. Sekarang, kami harus luar biasa saat memegang atau tanpa bola. Tetapi ini final, jadi Anda pasti sudah mengira hal itu,” katanya.  

Share
Trending Topic