• Sunday, 06 October 2024

Daftar Kapten Timnas Indonesia di Era STY, Siapa yang Paling Sukses?

Daftar Kapten Timnas Indonesia di Era STY, Siapa yang Paling Sukses?
Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada pemain Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 (Foto: pssi.org)

SEAToday.com, Jakarta – Semenjak menjadi pelatih Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong (STY) menunjuk beberapa pemain untuk menjadi kapten. Tentu saja tugas berat sebagai kapten Timnas Indonesia dijalani para pemain dengan sepenuh hati. Lalu siapa saja kapten Timnas Indonesia di era STY?

1. Evan Dimas

Evan Dimas menjadi kapten Timnas Indonesia pertama di bawah kepemimpinan STY. Mantan pemain Bhayangkara FC tersebut memang kini kariernya tenggelam dan tak dipanggil lagi oleh STY perkuat Timnas Indonesia.

Pada Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura lalu Evan Dimas didapuk menjadi kapten. Gelandang kreatif itu sukses membawa Indonesia menjadi peringkat kedua setelah dikalahkan dua pertandingan di final melawan Thailand. Setelah Piala AFF berakhir, Evan kembali mendapat kepercayaan dari STY saat menjadi kapten di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

2. Fachruddin Aryanto

Setelah Evan Dimas berakhir menjadi kapten Timnas Indonesia, STY memilih pemain belakang Fachruddin Aryanto. Eks pemain Madura United itu memang dikenal sebagai salah satu pemain belakang yang tangguh. Saat Indonesia tampil di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia melawan Brunei Darussalam, Fachruddin menjadi kapten namun tak berlangsung lama.

3. Asnawi Mangkualam

Nama ketiga adalah Asnawi Mangkualam. Asnawi menjadi kapten Timnas Indonesia di beberapa laga penting. Salah satunya saat menjadi kapten di Piala Asia 2024 lalu. Tantangan menjadi kapten Timnas Indonesia dalam usia muda sangat dihadapi Asnawi dengan baik.

Asnawi berhasil menjadi kapten Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar meskipun kalah lawan Australia 4-0. Asnawi juga mencetak gol tunggal kemenangan Indonesia atas Vietnam 1-0.

4. Jordi Amat

Di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY sempat menunjuk Jordi Amat. Pemain yang bermain di klub Malaysia tersebut cukup sukses membawa Indonesia lolos ke putaran ketiga. Meskipun Amat sempat cedera kemungkinan ia memiliki peluang kembali menjadi kapten saat Indonesia melawan Bahrain dan China pada tanggal 10 dan 15 Oktober 2024.

5. Jay Idzes

Satu lagi nama pemain yang jadi kapten Timnas Indonesia adalah Jay Idzes. Meski baru dua kali jadi kapten namun Idzes berhasil memimpin rekan-rekannya menahan imbang Arab Saudi dan Australia.

 

 

Share
Trending Topic