• Friday, 04 October 2024

Mengenal 5 Perguruan Pencak Silat Tertua di Indonesia

Mengenal 5 Perguruan Pencak Silat Tertua di Indonesia
Ilustrasi - Perguruan pencak silat tertua di Indonesia sudah ada sejak ratusan tahun lalu (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

SEAToday.com, Jakarta – Pencak silat merupakan bela diri asli Indonesia. Pencak silat kini sudah mendunia dan atlet dari negara-negara lain yang ingin belajar. Di Indonesia juga banyak perguruan pencak silat tertua yang sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

1.Perguruan Silat Cimande

Menurut informasi Perguruan Silat Cimande merupakan yang tertua di Indonesia. Organisasi ini jadi pelopor beberapa aliran pencak silat di Indonesia. Adalah pria bernama Abah Khaer yang mendirikan perguruan ini di tahun 1700-an. Konon banyak pendekar-pendekar yang belajar silat di perguruan ini.

2. Persaudaraan Setia Hati Terate

Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT didirikan pada 1903, jauh sebelum Indonesia merdeka. Pendirinya bernama Ki Ngabehi Soeromihardjo atau yang dikenal dengan Eyang Suro. Namun perguruan silat ini sempat memiliki nama namun berubah menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada 1917.

Setia Hati berarti kesatuan tunggal dalam hati dan pikiran manusia yang berorientasi pada Tuhan. Terate adalah bunga teratai sebagai tanda keindahan dan keagungan bunga yang bisa bertahan dalam kondisi apa pun. Perguruan ini mengajarkan persaudaraan manusia dan ajaran bela diri dengan ilmu kebatinan.

3. Pencak Silat Perisai Diri

Di Surabaya, Jawa Timur perguruan Pencak Silat Perisai Diri berdiri pada 2 Juli 1955. Didirikan oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, seorang putra bangsawan keraton. Soebandiman adalah keponakan dari Ki Hajar Dewantoro.

Perguruan ini mengajarkan 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia termasuk aliran Shaolin dari China. Pesilat diajarkan bela diri dengan tangan kosong dan senjata. Pesilat dilatih saat bertarung tidak alami cedera.

4.Pencak Silat Kera Sakti

Nama perguruan ini tak ada hubungannya dengan serial Kera Sakti. Berdiri pada 15 Januari 1980 di Madiun oleh Bapak R.R.Totong Kiemdarto. Dalam perguruan ini mengenal ajaran berdasarkan tingkatan, mulai dari Tingkat Dasar I, Tingkat Dasar II, Warga Tingkat I, Warga Tingkat II, dan Warga Tingkat III.

5. Pencak Silat Pagar Nusa

Perguruan pencak silat ini berdiri pada 3 Januari 1986 di Kediri, Jawa Timur. Pendirinya bernama KH.Maksum Jauhari yang mendirikan perguruan pencak silat untuk menarik para santri yang ingin berlatih bela diri di Pesantren Lirboyo, Kediri.

 

 

Share
Trending Topic