• Sunday, 29 September 2024

Kenapa Banyak Pembalap MotoGP Asal Spanyol dan Italia?

Kenapa Banyak Pembalap MotoGP Asal Spanyol dan Italia?
Pembalap MotoGP asal Spanyol dan Italia (Foto: Instagram @motogp)

SEAToday.com, Lombok – Akhir pekan ini pada tanggal 27-29 September 2024 diselenggarakan MotoGP Mandalika 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) Banyak pembalap MotoGP yang siap dalam balapan nanti.

Uniknya banyak pembalap MotoGP yang berasal dari dua negara yakni Spanyol dan Italia. Pembalap asal Spanyol antara lain Marc Marquez, Jorge Martin, Alex Marquez, Alex Rins, Joan Mir, Maverick Vinales, Jorge Lorenzo. Sementara pembalap asal Italia adalah Fransesco Bagnaia, Enea Bastianini, Luca Marini,  Marco Bezzecchi, hingga Fabio Di Giannantonio.

Dua negara di Eropa itu memang selama sejarah MotoGP menjadi penghasil banyak pembalap. Tradisi balap motor di Spanyol dan Italia memang sudah menjadi budaya di masing-masing negara. Misalnya di Italia terdapat sirkuit legendaris Mugello dan Imola dan merek motor Ducati dan Aprilia menambah pengaruh besar lahir banyak pembalap.

Begitu juga di Spanyol adanya sirkut di Barcelona-Catalunya dan Valencia membuat banyak anak-anak muda di Spanyol ingin jadi pembalap. Di Spanyol dan Italia terdapat pembinaan untuk para pembalap muda. Seperti di Spanyol ada program Cuna de Campeones dan Akademi Balap Spanyol yang mengembangkan pembalap muda untuk berprestasi.

Di Italia saat ini berdiri Akademi Balap VR46 milik Valentino Rossi pembalap legendaris Italia yang berkali-kali jadi juara MotoGP. VR46 mengembangkan ketrampilan pembalap muda di bawah asuhan mentor berpengalaman.

Seperti diketahui selama balapan MotoGP tiap tahunnya pasti Italia dan Spanyol menjadi tuan rumah karena memiliki infrastruktur yang baik dan sangat lengkap. Dukungan dari industri otomotif dan sponsor memberikan pembalap keleluasaan dalam mengembangkan bakat dan impian jadi pembalap.

Tak lengkap jika sudah memiliki pembalap namun tidak ditopang teknisi berpengalaman. Di Spanyol dan Italia terdapat banyak orang yang menjadi teknisi dalam membangun tim konstruktor yang hebat. Peran orang-orang di belakang layar ini jarang diketahui padahal memiliki jasa yang sangat besar.

Itulah beberapa alasan kenapa banyak pembalap MotoGP berasal dari Italia dan Spanyol. Kira-kira di MotoGP Mandalika pembalap Italia atau Spanyol yang bakal naik podium ya? Kita tunggu saja bersama.

 

Share
Trending Topic