• Sunday, 06 October 2024

Terbaru Rizki Juniansyah, Daftar Atlet Angkat Besi Indonesia yang dapat Medali Sepanjang Sejarah Olimpiade

Terbaru Rizki Juniansyah, Daftar Atlet Angkat Besi Indonesia yang dapat Medali Sepanjang Sejarah Olimpiade
Rizki Juniansyah raih medali emas Olimpiade Paris 2024 (Instagram @rjuniansyah_)

SEAToday.com, Paris  – Setelah atlet panjat tebing Veddriq Leonardo kini atlet angkat besi atau angkat berat Indonesia, Rizki Juniansyah berhasil merebut medali emas. Ia menjadi atlet kedua dari Indonesia yang sukses mencatatkan namanya dalam sejarah Olimpiade.

Rizki mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk dengan angkatan seberat 199 kilogram. Apa yang didapatkan Rizki tak lepas dari kerja keras, komitmen, dan dedikasi yang dia lakukan untuk memberikan yang terbaik kepada Indonesia.

Cabang olahraga angkat besi memang sering menyumbangkan medali untuk Indonesia sepanjang sejarah Olimpiade. Sebelum Rizki ada beberapa nama atlet angkat besi yang berhasil memberikan medali untuk Indonesia. Siapa saja mereka?

1. Lisa Rumbewas

Lisa Rumbewas bisa dibilang sebagai legenda angkat besi di Indonesia. Sudah tiga kali Lisa memberikan medali untuk Indonesia masing-masing 2 medali perak dan 1 medali perunffu.

Lisa Lisa pertama kali mendapat medali pertama pada Olimpiade Sydney 2000. Atlet asal Papua ini mendapat medali perak. Sementara medali perak kedua didapat Lisa di Olimpiade Athena 2004. Olimpiade Beijing 2008 menjadi yang terakhir diikuti oleh Lisa. Beruntung ia masih bisa mendapatkan medali perunggu sebagai medali terakhirnya di Olimpiade.

2. Eko Yuli Irawan

Selanjutnya ada nama Eko Yuli Irawan. Eko saat ini menjadi atlet di Indonesia terbanyak yang raih medali Olimpiade. Total Eko sudah mendapat 4 medali sepanjang keiikutsertaan dalam Olimpiade, masing-masing dua medali perak dan dua medali perunggu.

Eko pertama kali meraih medali di Olimpiade Beijing 2008. Saat itu atlet asal Lampung itu mendapat medali perunggu. Pada Olimpiade London 2012 kembali Eko mendapat medali perunggu keduanya.

Empat tahun berselang di Olimpiade Rio 2016 Eko sukses membawa medali perak pulang ke Indonesia untuk yang pertama kali baginya. Kesuksesan Eko berlanjut pada Olimpiade Tokyo 2020 dan mendapat medali perak yang kedua.

Sebenarnya diharapkan Olimpiade Paris 2024  Eko kembali mendapat medali namun sayang ia gagal. Justru ada Rizki yang berhasil melanjutkan tren cabang olahraga angkat besi untuk memberikan medali untuk Indonesia setiap Olimpiade.

 

Share
Trending Topic