• Thursday, 17 October 2024

Presiden Jokowi Sebut Perpanas 2024 Spesial

Presiden Jokowi Sebut Perpanas 2024 Spesial
Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Peparnas XVII Solo 2024 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Minggu (6/10/2024). (dok: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

SEAToday.com, Solo - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 kali ini disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) begitu spesial.

"Buat saya Pekan Paralimpiade Nasional ini spesial. Saya terbang dari Ibu Kota Nusantara ke Solo, khusus untuk pembukaan Peparnas ke-17, khusus untuk bertemu dengan para atlet, ofisial dan peserta," kata Presiden Joko Widodo dalam pidato sambutan acara pembukaan Peparnas 2024 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (6/10) dilansir ANTARA.

Dengan mengusung tema "Nusantara Menembus Batas". Presiden Jokowi secara resmi membuka upacara pembukaan Peparnas 2024.

Selain itu, ajang multi event olahraga nasional khusus penyandang disabilitas ini juga menjadi event olahraga terakhir bagi Presiden Jokowi yang telah memimpin Indonesia selama satu dekade dan akan berakhir pada 20 Oktober mendatang.

Tidak hanya Peparnas, selama dua periode masa kepemimpinan Jokowi terdapat sejumlah ajang multi event internasional khusus penyandang disabilitas yang digelar di Indonesia.

Sebut saja Indonesia menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018 yang berlangsung di Jakarta. Indonesia juga menjadi tuan rumah gelaran ASEAN Para Games ke-11 2022 yang digelar di Surakarta.

Dalam Peparnas XVII 2024 ini, adapun pesan yang disampaikan Jokowi yaitu agar Peparnas yang telah diselenggarakan di Solo sebanyak enam kali ini dapat menjadi panggung kesetaraan bagi atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka.

"Pekan Paralimpiade Nasional kali ini tidak hanya sebagai ajang melahirkan atlet-atlet potensial dan pencetak rekor-rekor baru, tapi juga sebagai panggung kesetaraan bagi atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya," ujar Jokowi

"Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan semangat sportivitas," lanjutnya.

Peparnas 2024 akan berlangsung sejak 6 hingga 13 Oktober 2024. Sebanyak lebih dari 4.600 atlet dari 35 provinsi akan berebut medali dari 18 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

18 cabor yang dipertandingkan yaitu Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

Ada juga, Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda.

Sementara itu, dua cabor lain yakni Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.

Peparnas 2024 yang digelar di kota Solo ini menjadi ajang dengan jumlah keikutsertaan provinsi terbanyak sepanjang sejarah melampaui catatan terbanyak yang sebelumnya dilangsungkan di Peparnas 2016 Jawa Barat yang diikuti oleh 34 provinsi.

Share
Trending Topic