• Sunday, 06 October 2024

Usai Diarak, Jokowi Terima Atlet Olimpiade di Istana dan Serahkan Bonus

Usai Diarak, Jokowi Terima Atlet Olimpiade di Istana dan Serahkan Bonus
Presiden Jokowi memberikan bonus kepada atlet peraih medali Olimpiade Paris 2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/8/2024). (dok: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

SEAToday.com, Jakarta - Para peraih medali Olimpiade Paris 2024 melakukan arak-arak di Jakarta, Kamis (15/8/2024) pagi.

Sejumlah atlet dan ofisial mengikuti arak-arakan dengan menaiki bus tingkat terbuka dari Kantor Kemenpora menuju Istana Negara, termasuk ketika atlet peraih medali yaitu Rizki Juniansyah (angkat besi), Veddriq Leonardo (panjat tebing), dan Gregoria Mariska Tunjung (bulu tangkis).

Pawai dimulai dari kantor Kemenpora di Jalan Pemuda, Senayan, sekitar pukul 07.45 WIB. Konvoi tersebut dikawal oleh pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Pawai arak-arakan tersebut melewati rute Simpang Susun Semanggi-Jalan Sudirman (Bundaran HI)-Istana Kepresidenan.

Di Istana, para atlet datang untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menegaskan pawai ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan atas pencapaian para atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Setibanya di Istana, para atlet serta ofisial diterima oleh Presiden Jokowi di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan akan memberikan bonus kepada semua atlet dan pelatih sebagai bentuk apresiasi atas perjuangannya di Olimpiade Paris.

"Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang membanggakan ini, pemerintah telah menyiapkan bonus sebesar Rp6 miliar untuk peraih medali emas, Rp1,65 miliar untuk peraih medali perunggu" ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Selain itu, Jokowi juga memberikan bonus kepada pelatih atlet peraih medali sebesar Rp2.75 miliar untuk pelatih atlet peraih emas dan Rp675 juta untuk pelatih atlet peraih perunggu.

Tidak hanya atlet dan pelatih yang meraih medali, Jokowi juga memberikan bonus kepada atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 sebesar Rp250 juta sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah.

"Bonus ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memotivasi, meningkatkan prestasi, dan kemudian kembali mengharumkan nama bangsa dan negara di gelanggang dunia," ujarnya.

Tidak lupa pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggi kepada para atlet yang sudah berjuang keras di Olimpiade Paris 2024.

Kontingen Indonesia berhasil finis di posisi ke-39 dengan total raihan tiga medali yang terdiri atas dua emas, 0 perak, dan satu perunggu.

 

Share
Trending Topic