• Thursday, 17 October 2024

Semangat Bekerja Selimuti Sejumlah Difabel Sukarelawan di Peparnas 2024

Semangat Bekerja Selimuti Sejumlah Difabel Sukarelawan di Peparnas 2024
Prosesi penyulutan api Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, pada Minggu (6/10) malam, berlangsung penuh haru dan mengesankan. Para atlet disabilitas kebanggaan Indonesia turut ambil bagian dalam momen sakral ini.(foto:gilang/kemenpora.go.id)

SEAToday.com, Jakarta - Semangat bekerja menyelimuti sejummlah penyandang disabilitas yang dengan sukarelawan membantu dalam menyukseskan ajang multi event olahraga Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo, Jawa Tengah pada 6 hingga 13 Oktober.

Terbukti pada salah seorang sukarelawan penyandang disabilitas asal Kabupaten Karanganyar, Ersudananto yang mengaku sudah mulai bergabung untuk bertugas sejak 3 Oktober lalu. 

Ersudananto yang kehilangan kaki kanan akibat kecelakaan lalu lintas itu bertugas membawa papan nama kontingen di cabang olahraga para-taekwondo.

"Tugas membawa papan nama kontingen di tiap dimulai pertandingan tiap harinya," katanya di Solo, Minggu (6/10), seperti yang dikutip oleh Antara.

Meski mengalami keterbatasan fisik, ia menyebut bahwa tugas yang diberikan tidak terhitung berat. Selain itu, terdapat lima penyandang disabilitas yang bertugas sebagai sukarelawan di cabang olahraga para-taekwondo tersebut.

Di samping itu, hal senada disampaikan Abdul Gofur yang merupakan sukarelawan asal Kota Solo yang juga bertugas di cabang olahraga para-taekwondo.

Abdul Gofur yang mengalami penyakit polio mengaku rela meninggalkan sementara pekerjaannya sebagai tukang jahit untuk dapat bergabung sebagai sukarelawan. Ia mengaku direkomendasikan oleh temannya untuk bertugas sebagai pembawa papan nama kontingen serta terdapat honor yang diperoleh selama menjadi sukarelawan itu.

"Direkomendasikan teman untuk mendaftar, ada seleksinya juga," katanya.

Kini terdapat puluhan penyandang disabilitas sebagai sukarelawan yang bertugas di berbagai cabang olahraga di Peparnas XVII tersebut.

Penulis: Hepy Marshanda

Share
Trending Topic