• Friday, 18 October 2024

Arkhan Kaka Masuk Daftar 60 Pesepak Bola Muda Terbaik Dunia Versi The Guardian

Arkhan Kaka Masuk Daftar 60 Pesepak Bola Muda Terbaik Dunia Versi The Guardian
Arkhan Kaka jadi salah satu pemain sepak bola muda terbaik dunia versi The Guardian (Sumber Foto: Instagram @arkhan8kaka)

SEAToday.com, Solo – Arkhan Kaka masuk jajaran 60 pemain sepak bola muda terbaik di dunia versi media The Guardian. Tentu saja pencapaian ini cukup mengejutkan mengingat penyerang klub Persis Solo ini tak terpilih dalam skuad Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Melansir dari situs resmi Persis Solo, terungkap jika anak mantan pesepak bola Purwanto ini masuk dalam daftar “Next Generation 2024: 60 of the best young talents  in world football”. The Guardian adalah media asal Inggris yang track record-nya tak perlu diragukan lagi.

Dalam daftar 60 nama pesepak bola muda terbaik dunia, Kaka disejajarkan dengan sejumlah pemain muda top di dunia, seperti Lamine Yamal pemain klub Barcelona dan Timnas Spanyol dan Jaden de Guzman asal klub PSV Eindhoven Belanda. Lalu apa alasan Kaka masuk dalam daftar tersebut?

Menurut The Guardian, Kaka berhasil mencatatkan 10 penampilan bersama Timnas Indonesia U-20, 8 penampilan di Timnas U-17, dan mencetak 9 gol di Timnas Indonesia U-17. Aksi Arkhan bersama Persis Solo juga tak luput dalam radar The Guardian.

Pada Piala Dunia U-17 lalu Kaka mencetak gol saat Indonesia berjumpa Panama. Setelah tampil bersama Timnas Indonesia di Piala Dunia, Persis Solo tertarik untuk merekrutnya sampai akhirnya resmi memperkuat klub yang bermarkas di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah ketika usianya masih 15 tahun 7 bulan 2 hari.

Sayangnya penampilan Kaka akhir-akhir ini sedang meredup. Pada Piala AFF U-19 lalu saja Kaka tak bisa mencetak gol. Ia pun mendapat banyak kritik tajam dari para netizen Indonesia. Kaka kalah pamor dari pendatang baru di Timnas Indonesia, Jens Raven yang mengoleksi beberapa gol dalam turnamen yang berlangsung di Surabaya.

Setelah mendapat kabar sebagai salah satu pemain muda terbaik dunia, Kaka sangat senang. “Sangat senang dan bangga karena bisa masuk ke dalam 60 talenta terbaik dunia ini. Menjadi motivasi untuk saya bisa lebih baik dalam mengembangkan kualitas di karier sepak bola dan tentunya menjadi semangat untuk berprestasi ke depan,” ujar Kaka.

Sebelum Kaka, pada 2021 lalu pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan juga masuk dalam daftar 60 pesepak bola muda terbaik dunia. Kala itu ia bersaing dengan nama-nama seperti Savinho dan Gavi.

 

 

Share
Trending Topic