• Friday, 18 October 2024

Penyerang Timnas Indonesia Mulai Ganas, Pengaruh Pelatih Striker Asal Korea

Penyerang Timnas Indonesia Mulai Ganas, Pengaruh Pelatih Striker Asal Korea
Rafael Struick penyerang Timnas Indonesia yang mulai mencetak gol (Sumber Foto: Instagram @rafaelstruick)

SEAToday.com, Riffa – Para penyerang Timnas Indonesia mulai menunjukkan kemampuannya dengan mencetak gol di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bisa jadi Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick mulai bisa membuat gol setelah kehadiran pelatih striker asal Korea Selatan, Yeom Ki-hun.

Dalam tiga pertandingan Indonesia melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain, tercatat para pemain mencetak tiga gol, dua oleh Oratmangoen dan satu dari Struick. Performa keduanya menunjukkan ketajaman.

Alhasil instruksi dari Yeom mulai menunjukkan hasilnya. Kedatangan Yeom memang diminta pelatih kepala Shin Tae-yong untuk membantu para penyerang agar mencetak banyak gol. Sebab pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia lalu, para penyerang Indonesia belum banyak mencetak gol. Bahkan gol diciptakan oleh pemain yang bukan penyerang.

Bulan Agustus 2024 silam Yeom resmi bergabung menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong. Dia hanya memiliki waktu sekitar satu bulan untuk mencari formula yang tepat agar para penyerang Timnas Indonesia bisa mencetak gol.

Sebelumnya bergabung dengan Timnas Indonesia, Yeom pernah menjadi pelatih klub di Korea Selatan dan pelatih sekolah sepak bola di sana. Kabar dia menjadi bagian dari tim kepelatihan Indonesia sudah diberitakan media Korea, Chosun. “Dia akan bergabung ke Timnas Indonesia untuk membuat tajam lini serang,” tulis media tersebut.

Yeom yang saat ini berusia 41 tahun adalah mantan pemain Timnas Korea Selatan yang pernah memperkuat beberapa klub seperti Jeonbuk, Ulsan Hyundai, Suwon Bluewings, dan Police FC.

Semasa aktif sebagai pemain, Yeom bermain di posisi penyerang dan cukup produktif dalam mencetak gol. Total dari 546 pertandingan dia mencetak 103 gol dan menyumbang 113 assist.

Apakah pada pertandingan Indonesia melawan China pada 15 Oktober 2024 nanti, penyerang Timnas Indonesia akan kembali membuat gol? Tentu saja kesempatan itu terbuka lebar karena pertahanan China dianggap tak sekuat Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

 

Share
Trending Topic