• Sunday, 29 September 2024

MotoGP Mandalika Dikhawatirkan Hujan, Pawang Hujan Mbak Rara Bakal Datang?

MotoGP Mandalika Dikhawatirkan Hujan, Pawang Hujan Mbak Rara Bakal Datang?
Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika siap menggelar MotoGP Indonesia 2024 (Foto: ANTARA/Akhyar Rosidi)

SEAToday.com, Lombok  – MotoGP Mandalika 2024 akan berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika atau Sirkuit Mandalika. Balapan dijadwalkan berlangsung pada Jumat 27 September 2024 – Minggu 29 September 2024.

Kabarnya pada MotoGP Mandalika tahun ini diprediksi turun hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB) akan hujan dengan intensitas ringan pada periode 21-30 September 2024 dengan probalitas 20-80 persen.

Memang sebagian wilayah Indonesia di akhir bulan September sudah diguyur hujan. Apakah pada MotoGP 2024 benar akan turun hujan? Balapan MotoGP Mandalika memang pernah ditunda dalam waktu lama karena hujan deras pada tahun 2022 lalu.

Saat hujan deras muncul sosok pawing hujan bernama Raden Rara Istiani Wulandari alias Rara. Selama lebih dari satu jam mengelilingi lintasan sirkuit sambil berjalan di tengah guyuran hujan deras.

Ia sesekali berdoa, menghadap ke langit, hingga mulutnya bergerak seperti merapal mantra sembari melakukan aksi-aksi yang tidak diketahui artinya. Kemunculan Rara menjadi pusat perhatian khususnya para pembalap, teknisi, dan penonton dari luar negeri yang mungkin baru pertama melihat yang namanya pawing hujan.

Akhirnya hujan mulai berhenti sehingga lomba balap motor nomor satu di dunia bisa dilanjutkan meskipun kondisi lintasan sangat basah dan licin. Ternyata Rara memang menjadi pawang hujan langganan banyak acara, termasuk momen pembukaan Asian Games 2018 lalu di Jakarta, Rara juga menjadi pawang hujan.

“Saya sering mengawal event Presiden Jokowi dan event kenegaraan lainnya, bersama dengan tim ITDC dan Pak Hadi Tjahjanto sebagai kordinator lapangan melakukan modifikasi cuaca dengan kekuatan doa,” kata Rara kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Pekerjaan yang dilakukan oleh Rara tidak mudah. Dia menjadi salah satu sosok yang cukup berperan terselenggaranya sebuah acara yang besar. Tentu saja ia mendapatkan uang yang cukup besar jika akan memanggilnya untuk menghalau hujan di sebuah tempat yang akan dilakukan acara penting.

 

Share
Trending Topic