• Sunday, 06 October 2024

Pepe Akhirnya Pensiun, Cristiano Ronaldo Kirim Pesan Menyentuh

Pepe Akhirnya Pensiun, Cristiano Ronaldo Kirim Pesan Menyentuh
Pepe putuskan pensiun dari sepak bola (Foto:Instagram @official_pepe)

SEAToday.com, Lisbon – Kepler Laveran de Lima Ferreira alias Pepe akhirnya memutuskan pensiun atau gantung sepatu. Pepe meninggalkan sepak bola dalam usia 41 tahun. Padahal ia sebenarnya masih bisa bermain di level klub mungkin saty tahun lagi. Tapi keputusannya sudah bulat.

Total sebanyak 141 pertandingan bersama Timnas Portugal sudah dimainkan oleh Pepe mulai dari turnamen Piala Eropa dan Piala Dunia. Belum lagi beberapa kompetisi di Eropa pernah dicicipinya seperti Liga Spanyol dan Liga Portugal.

Keputusan Pepe untuk pensiun mendapat sorotan dari banyak orang. Salah satunya Cristiano Ronaldo, kapten Portugal yang kini sudah berusia 39 tahun. Ronaldo kapten Timnas Portugal menuliskan pesannya kepada Pepe seraya mengucapkan terima kasih atas perjalanan yang dirintis di lapangan hijau.

“Tidak akan pernah ada kata-kata yang cukup untuk mengungkapkan betapa berakhirnya kamu bagiku teman,” tulis Ronaldo di X. Ronaldo dan Pepe memang pernah bermain satu tim kala bermain bersama Real Madrid selama 8 musim.

Kedekatan Pepe dan Ronaldo memang melebihi pertemanan. Keduanya pernah membawa Portugal menjadi juara di Piala Eropa tahun 2016 lalu. “Kami memenangkan segalanya yang bisa kami menangkan di lapangan, tapi pencapaian terbesar adalah persahabatan dan rasa hormat yang saya miliki untuk Anda. Anda unik, saudaraku. Terima kasih banyak,” tambah cuit Ronaldo.

Penampilan Pepe juga mencuri perhatian. Ia menjadi pemain paling tua di di Piala Eropa 2024. Duet Pepe di pertahanan Portugal dengan Ruben Dias rasanya sulit ditembus. Usia Pepe yang sudah tak muda lagi bukan jadi penghalang baginya.

Pelatih Timnas Portugal Roberto Martinez tentu kagum dengan sosok Pepe. Ternyata selain menjaga pola hidup sehat, rahasia Pepe bisa tetap bugar dan masih kuat bermain di lapangan selama 90 menit adalah proses pemulihan yang tepat dilakukan sehabis pertandingan.

“Pepe menggunakan waktu 24 jam untuk memulihkan diri. Ketika dia tidak pulih maka ia memastikan pola tidurnya benar,” kata Martinez saat diwawancara AFP. Daya juang semangat Pepe untuk tetap bermain sangat tinggi dan memberikan inspirasi.

 

Share
Trending Topic