• Sunday, 06 October 2024

Profil Veddriq Leonardo, Atlet Pertama Indonesia yang Raih Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Profil Veddriq Leonardo, Atlet Pertama Indonesia yang Raih Medali Emas Olimpiade Paris 2024
Profil Veddriq Olimpiade atlet panjat tebing Indonesia raih medali emas Olimpiade Paris 2024 (Foto: Instagram @veddriq)

SEAToday.com, Paris  – Veddriq Leonardo menjadi atlet pertama Indonesia yang meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. Atlet dari cabang olahraga panjang tebing ini mencatatkan rekor sempurna di final nomor speed panjat tebing putra yang berlangsung di Le Boruget Climbing Venue, Paris pada Kamis (8/8).

Veddriq mengalahkan Wu Peng karena mampu mencatatkan waktu finish 4,75 detik di dinding lintasan sepanjang 15 meter. Raihan medali emas yang didapat Veddriq menjadi pelepas dahaga untuk kontingen Indonesia yang belum juga meraih medali emas Olimpiade.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Veddriq mengaku berusaha melakukan apa yang dia sudah persiapkan sejak latihan. Dia optimis untuk bisa mendapatkan hasil terbaik karena merasa sudah melakukan persiapan yang matang. “Kompetisi ini saya anggap mirip dengan situasi latihan jadi saya lebih nyaman,” ujar Veddriq.

Selain menjadi atlet pertama yang meraih medali emas Olimpiade Paris 2024, Veddriq juga menjadi atlet kedua dari kontingen Indonesia yang mendapat medali, sebelumnya pebulu tangkis Gregoria Mariska meraih medali perunggu untuk Indonesia.

Siapa sebenarnya sosok Veddriq? Melansir dari banyak sumber Veddriq adalah atlet yang lahir di Pontianak pada 11 Maret 1997 (27 Tahun). Sejak masih duduk di bangku SMA Veddriq sudah tertarik dengan olahraga panjat tebing.

Bermula dari mewakili sekolah di kejuaraan lomba panjat tebing membuat pengalaman demi pengalaman di dapatkan oleh Veddriq. Ia pun semakin jatuh cinta dengan panjat tebing hingga mendalaminya di nomor boulder lalu pindah ke speed.

Kepindahan nomor lomba dari boulder ke speed justru membawa Veddriq ke gerbang kesuksesan sebagai atlet panjat tebing. Berbagai prestasi sudah berhasil ia dapatkan, misalnya merebut enam gelar juara dunia IFSC Climbing World Cup.

Di kancah kejuaraan olahraga tingat Asia misalnya Asian Games sudah dua kali Veddriq memperoleh medali masing-masing emas di tahun 2018 dan perak pada tahun 2022. Koleksi medali Veddriq semakin lengkap dengan tambahan medali emas Olimpiade Paris 2024.

 

Share
Trending Topic