• Sunday, 19 May 2024

Mengenal Clairefontaine, Tempat Pertandingan Indonesia vs Guinea di Playoff Olimpiade Paris 2024

Mengenal Clairefontaine, Tempat Pertandingan Indonesia vs Guinea di Playoff Olimpiade Paris 2024
Clairefontaine di Prancis adalah tempat berlangsungnya pertandingan Indonesia vs Guinea di Playoff Olimpiade Paris 2024 (Foto: Instagram @fff_academie_clairefontaine)

SEAToday.com, Paris – Clairefontaine menjadi tempat pertandingan Timnas Indonesia vs Guinea di playoff Olimpiade Paris 2024. Laga itu berlangsung pada Kamis (9/5) mendatang.

Clairefontaine merupakan sebuah daerah di dekat kota Paris. Tempat ini dikenal menjadi markas latihan Timnas Prancis menjalani latihan sebelum pertandingan sekaligus membesarkan dan mengasah pemain muda Prancis.

Clairefontaine menjadi saksi munculnya bintang-bintang sepak bola Prancis yang mendunia. Sebut saja Thierry Henry, Nicholas Anelka, Luis Saha, William Gallas, hingga generasi zaman now Kylian Mbappe.

Dibangun di tanah seluar 55 hektar ini juga menjadi tempat latihan Timnas Prancis saat menjadi juara Piala Dunia dua kali tahun 1998 dan 2018. Mengutip dari CNN Indonesia, Clairefontaine dibangun pada tahun 1985.

Pertama kalinya Clairefontaine digunakan Timnas Prancis pada tahun 1988. Selain menjadi tempat latihan, Clairefontaine juga dilengkapi sederet fasilitas tempat latihan untuk dipakai para pemain terbaik di dunia.

Kemenangan Indonesia atas Guinea menjadi wajib menang untuk bisa lolos ke Olimpiade 2024. Apabila lolos ke Olimpiade, Indonesia akan berada di satu grup yang sama dengan Prancis, Amerika Srikat, dan Selandia Baru.

Timnas Indonesia U-23 sudah tiba di Prancis pada Minggu (5/5) lalu. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan langsung disambut warga diaspora atau WNI di Paris. Para pemain dan ofisial cukup terkejut dengan sambutan hangat warga Indonesia yang memberikan dukungan untuk Timnas U-23.

Setelah tiba di Prancis, pelatih Shin Tae-yong langsung memimpin latihan perdana timnas. Nampak seluruh pemain siap untuk tampil melawan Guinea usai beristirahat selama beberapa hari setelah tampil di Piala Asia U-23.

Kabarnya ada dua pemain yang dipastikan akan absen di pertandingan melawan Guinea, mereka adalah Justin Hubner dan Rizki Ridho. Keduanya mendapat akumulasi atau hukuman di Piala Asia U-23.

PSSI berusaha untuk memanggil dua pemain untuk menggantikan Ridho dan Hubner. Keduanya adalah Elkan Baggott dan Alfeandra Dewangga. Belum diketahui jika keduanya bergabung kapan akan tiba di Prancis dan bergabung dengan timnas.

Pertandingan Indonesia vs Guinea tadinya akan berlangsung tertutup karena alasan keamanan. Namun FIFA akhirnya menyiarkan di aplikasi FIFA+ hingga ada kabar pertandingan bakal disiarkan secara langsung di salah satu TV swasta.

 

 

Share
Trending Topic
Popular Post

Indonesian National Footbal Team Prospects Justin Hubner Set to O...

Justin Hubner will undergo an oath-taking procession as an Indonesian citizen (WNI) in Jakarta on Wednesday (12/6).

Indonesian Women Singles Ruzana Wins Sri Lanka International Seri...

Indonesian women's singles badminton player Ruzana won the Sri Lanka International Series 2024 tournament held at the Indoor Stadium Galle.

Indonesian Fencing Team Wins 5 Medals at SEAFF Junior and Cadet C...

The Indonesian cadet and junior fencing team won a total of five medals in the ASEAN Fencing Championships “SEAFF Junior and Cadet Championships 2024”.

Infographic